Nasehat Bagi Kekeringan Jiwa

nasehat

Kenikmatan dunia hanyalah fatamorgana. Penderitaan atau musibah adalah penghapus dosa. Kemarahan adalah api yang menghanguskan. Waktu kosong adalah kerugian dan ibadah adalah perniagaan.

Jadikan sahabat sejatimu adalah pena, saluran penumpahan ide-idemu adalah tinta, teman bermainmu adalah buku, istanamu adalah rumahmu, dan simpanan kekayaanmu adalah tenaga atau masa sehatmu. Jangan hiraukan hal-hal yang telah berlalu. Kesalahan atau kekurangan terbesar kita adalah tidak pernah berjuang maksimal untuk mengisi hari-hari yang tengah kita jalani.

Kunci kebahagiaan yang paling murah menurut para ulama dan cendekiawan adalah menjauhi hal-hal yang tidak berguna dalam hidup. Orang yang paling bernilai dimata orang berilmu adalah yang mengasihi serta dikasihi orang lain.

Ilmu adalah pendamping dalam kesendirian, teman dalam keterasingan, pengiring di kala sepi, penunjuk kepada jalan kebenaran, penolong dalam kesempitan, dan tabungan kebaikan untuk kehidupan setelah mati.

Temukanlah keberuntungan dalam diam (tidak banyak bicara). Sesungguhnya orang yang lebih suka diam akan mulia dan dicintai manusia. Banyak kejelekan bersumber dari banyak bicara.

Menyendiri / uzlah (dalam rangka ketaatan kepada Allah swt.) akan membentengimu dari pendengki, pencela, orang sombong, penggunjing, dan yang suka membanggakan diri.

Jika jiwa dalam keadaan tenang maka datangnya fajar adalah laksana jalinan rambut yang indah, malam bagaikan rangkaian malam festival (perayaan). Selain itu semua orang akan terlihat menyenangkan dan tinggal di gubuk sederhana serasa di istana.

Rezekimu jauh lebih mengetahui tempat yang pantas begimu ketimbang pengetahuanmu tentang posisi yang pantas baginya. Rezekimu akan selalu mengiringimu laksana bayangan yang selalu mengikuti gerak tubuh. Engkau tidak akan meninggal sebelum seluruh rezeki yang ditakdirkan bagimu diberikan.

Istirahat hanya akan bermakna jika diawali dengan keletihan. Ketenangan hanya akan didapatkan setelah kerja keras. Kasih sayang orang lain hanya akan diperoleh dengan akhlak yang mulia.

Latihlah dirimu untuk selalu bangun pagi karena hal itu membawa keberkahan. Pada saat itu, lakukanlah kegiatan-kegiatan yang positif, seperti berzikir, membaca, menghafal, dan menelaah Al-Quran atau buku-buku, mengarang, atau berjalan-jalan santai keluar rumah.

Makan terlalu kenyang akan merusak kecerdasan. Banyak tidur berarti kegagalan dan banyak tertawa mematikan hati.

Banyak mengingat Allah swt. akan mendatangkan keridhaan-Nya, menenteramkan qalbu, menghalau setan, mengusir kesedihan, dan memperberat timbangan kebaikan di hari perhitungan.

Kejujuran membawa kepada ketenangan. Dusta membawa kepada kegelisahan. Perasaan malu adalah perisai hidup, ilmu adalah pembeda, kefasihan berbicara adalah perhiasan dan sikap diam adalah hikmah/kebijaksanaan.

Hal terindah di dunia adalah mencintai Allah swt.. Anugerah terbaik di surga adalah melihat Allah swt.. Bacaan yang paling bermamfaat adalah kitab Allah swt. Manusia termulia adalah Rasulullah saw..

Rasa aman adalah salah satu nikmat yang paling berharga. Sehatnya tubuh dicapai dengan sedikit makan, sehatnya jiwa dengan sedikitnya dosa, dan damainya hidup adalah dengan menjauhi amarah.

Diantara kenikmatan terbesar adalah terbebasnya jiwa dan raga dari penyakit dan tipu daya hawa nafsu. Jangan makan sebelum lapar, dan jangan tidur sebelum merasa letih.

Di antara mamfaat gemar membaca adalah lidah menjadi fasih, potensi akal semakin berkembang, hati semakin cemerlang, kecemasan dan kegelisahan berkurang, serta memperoleh ilmu dari berbagai penelitian dan hasil pengkajian yang dilakukan pengarang buku tersebut.
Dikutip dari buku "berbahagialah" karangan Dr. Aidh Al-Qarni

Comments

Popular posts from this blog

Ketawadhuan Al-Imam Asy-Syafi'i Rahimahullah Dan Kebijaksanaan Ibunya

Aplikasi LangitMusik : Oksigennya Pecinta Musik

Bisikan Kedamaian Dari Kesunyian Malam

Kisah Sang Taman Hati

Situs yang harus diketahui oleh blogger